Aranio adalah Air

Aranio adalah nama salah satu kecamatan di Kabupaten Banjar yang berada di sebelah timur ibukota kabupaten, satu hal yang terpikirkan saat menyebut kata Aranio adalah air. Itu karena sebagian besar wilayah kecamatan merupakan kawasan perairan, terutama waduk Riam Kanan yang menjadi sumber utama PLTA sejak tahun 1973.

Selain itu, Kecamatan Aranio yang sebagian wilayahnya terdiri dari kawasan hutan lindung dikenal dengan berbagai wisata alamnya, sebut saja daerah Kahung, Matang Keladan, Bukit Batu, Bukit Batas, beberapa air terjun dan tentu saja wisata pemancingan di waduk yang sering dipenuhi pengunjung pada saat akhir pekan.

Tapi sebenarnya tak perlu jauh-jauh, beberapa kilometer sebelum sampai ke ujung jalan Ir. P. M. Noor yang berujung di pelabuhan waduk Riam Kanan, kira-kira satu kilometer dari Kantor Kecamatan Aranio, ada wisata yang juga sering dikunjungi wisatawan, yaitu Sungai Kembang. Jeram yang cukup landai serta air yang jernih seringkali menarik wisatawan untuk bersantai di akhir pekan, spot yang bagus untuk mendinginkan pikiran setelah seminggu bekerja.

Sebenarnya, sekitar beberapa ratus meter sebelum Sungai Kambang, di sisi kiri jalan dulu ada jalan setapak menuju kawasan Bukit Arta, daerah yang cukup tinggi menyebabkan terasa sejuk dan dulu sering dijadikan titik berkemah serta destinasi sepedaan di akhir pekan. Pemandangannya cukup bagus dan perjalanan menuju ke situ pun relatif mudah.

Sayangnya sekarang tidak bisa lagi didatangi dikarenakan jembatan kayu yang menghubungkan sisi barat jalan dengan sisi timur sungai, sudah lama terputus akibat banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan beberapa tahun silam. Semoga nanti rencana perbaikan terhadap jembatan tersebut akan dapat direalisasikan, hal itu dikarenakan selain penghubung menuju titik wisata yang cukup potensial, sepanjang jalan menuju Bukit Arta sebagian besar adalah lahan kebun yang menyokong sebagian besar ekonomi penduduk sekitar.

Demikianlah, bila suatu saat ada keinginan untuk berwisata ke tempat yang indah dan tidak perlu waktu yang lama dan jarak yang jauh, silakan luangkan waktu untuk berjalan-jalan ke arah timur Kabupaten Banjar.